Makanan Yang Harus Di Hindari Bagi Penderita Diabetes

Makanan Bagi Penderita Diabetes
Jika kadar gula dalam darah Anda termasuk tinggi, jangan dibiarkan. Anda harus banyak berolahraga dan mengatur pola makan. Apalagi jika dalam keluarga Anda, ada yang pernah menderita diabetes.

Ada lima jenis makanan yang harus dijauhi bagi si penderita diabetes. Hal ini untuk menghindari semakin meningkatnya kadar gula dalam darah Anda. Dan berikut adalah daftar makanan yang harus di hindari saat gula darah naik :


1.Mie Pasta
PastaSebagian besar pasta dan mie memiliki indeks glikemik tinggi. Artinya pasta dan mie dibuat dengan olahan karbohidrat sederhana seperti gandum atau tepung beras. Konsumsi karbohidrat tinggi bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.





2.Nasi 
Nasi Kurangi konsumsi nasi putih karena kandungan karbohidratnya sangat tinggi. Anda bisa menggantinya, dengan nasi yang berasal dari beras merah maupun beras coklat.





3. Kafein
KafeinBeberapa penelitian, salah satunya yang berjudul Diabetes Care" ditulis oleh Hudson Lee dan Kilpatrick pada 2005 menunjukkan kafein memiliki dampak negatif pada penderita diabetes. Untuk itu, akan lebih jika Anda mengurangi minuman yang mengandung kafein. 





4. Kentang
KentangKandungan karbohidrat pada kentang yang tinggi, membuat indeks glikemiknya juga tinggi. Untuk itu, kurangi konsumsi kentang, baik yang dipanggang, direbus maupun digoreng. 





5. Roti putih
RotiKurangi konsumsi roti yang terbuat dari tepung putih. Lebih baik pilih roti yang terbuat dari tepung gandum. Selain memiliki banyak serat juga baik untuk jantung Anda. 







Mereka yang biasa makan enak tentunya akan tersiksa dengan menu makanan untuk penderita diabetes. Mereka harus menghindari makanan seperti mie, pasta, nasi, kentang, roti putih dan makanan lain yang mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi. Padahal jenis makanan ini merupakan makanan pokok yang biasa dimakan setiap hari.
Namun jangan berkecil hati, masih banyak jenis makanan untuk penderita diabetes yang enak dan bisa dinikmati setiap hari. Para ahli nutrisi menganjurkan makanan yang mengandung banyak serat, omega-3, kalsium dan vitamin D untuk penderita diabetes. Berikut adalah daftar makanan yang baik dan aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes:

Makanan Untuk Penderita Diabetes

1. Air putih
Ya, air adalah sumber kehidupan. Air putih memiliki peranan besar dalam membantu memperlancar metabolisme tubuh kita. Air putih juga memiliki peranan besar dalam melarutkan racun-racun dan lemak jahat dalam tubuh kita. Ketika merasa haus, biasakanlah untuk memilih air putih, bukan air manis atau minuman soda.

2. Roti Gandum
Banyak penderita diabetes yang salah kaprah mengenai kentang. Mereka menganggap makanan ini sehat dan aman untuk penderita diabetes. Padahal kentang termasuk makanan yang harus dihindari karena memiliki indeks glikemik yang tinggi. Makanan pokok alternatif yang lebih baik untuk penderita diabetes adalah roti gandum. Anda bisa mengonsumsi roti gandum sebagai makanan pokok pengganti nasi atau roti putih.

Roti gandum terbuat dari gandum utuh yang kaya akan serat dan nutrisi lain seperti asam lemak omega-3, chromium, folat dan magnesium. Berbagai penelitian membuktikan bahwa gandum utuh efektif dalam mengurangi resiko penyakit diabetes dan jantung. Serat pada roti gandum sangat baik bagi penderita diabetes karena mampu menghambat pelepasan kadar gula di dalam darah. Jadi, sakit diabetes atau tidak, roti gandum sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti nasi, kentang atau roti putih.
3. Ikan
Penderita diabetes sangat disarankan makan ikan, jadi bersyukurlah jika anda memang suka makan ikan. Jika lemak pada daging sebaiknya dihindari, tidak demikian halnya dengan lemak ikan. Ikan berlemak seperti patin, tuna, salmon, mackarel dan ikan hering mengandung banyak lemak omega-3 yang berkhasiat memperlancar pembuluh areteri dengan menghajar lemak jahat dan plak yang menempel. Omega-3 juga mampu mengurangi kadar trigliserida dalam darah, sekaligus meningkatkan kadar lemak baik alias HDL. Satu hal penting yang perlu diingat, ikan sebaiknya tidak digoreng, melainkan dimasak dengan cara lain seperti di-pepes, dikukus, dibuat sup dan lainnya.

4. Buncis
Selain kandungan karbohidratnya yang rendah, Buncis juga kaya akan serat dan nutrisi, yang berkhasiat dalam memperlancar pencernaan sekaligus menjaga kadar gula darah tetap rendah setelah makan. Ketika hendak memasak sayur, buncis bisa dijadikan pilihan menu yang baik bagi penderita diabetes.

5. Kacang-kacangan
Pada dasarnya semua jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes karena mampu menjaga berat badan sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah. Kacang mengandung omega-3, yaitu lemak baik yang tidak hanya berkhasiat sebagai obat penyakit jantung, tapi juga mampu mengurangi resistensi insulin. Selain itu, kacang juga kaya akan serat, vitamin E dan magnesium.

Jadi, ketika Anda ingin ngemil, kacang-kacangan seperti selai kacang, kacang tanah, kacang polong, kenari dan kacang merah bisa dijadikan pilihan yang bijaksana. Kacang polong misalnya, mengandung serat dan juga kalsium, satu jenis mineral yang dapat membantu membakar lemak tubuh. Ketika mengonsumsi kacang-kacangan, pastikan kacang tersebut tidak terlalu banyak mengandung garam ataupun gula.
6. Cabai
Berbahagialah mereka yang menyukai makanan pedas. Hal ini karena cabai pada dasarnya makanan yang menyehatkan. Selain sebagai anti kanker dan mengandung banyak antioksidan, senyawa capsaicin yang memberi rasa pedas pada cabai ternyata juga bermanfaat dalam membakar lemak, kalori, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Cabai juga terbukti efektif dalam mengurangi resiko obesitad dan meningkatkan ketahanan insulin.

Namun perlu diingat, khasiat abai ini akan menjadi sia-sia jika anda menyantapnya bersama gorengan atau disajikan dalam makanan berlemak seperti pada masakan Padang. Cobalah konsumsi cabai dalam campuran pepes, sop, atau sambal.
7. Dada ayam
Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh makan enak? Pingin makan daging? selain ikan, dada ayam juga merupakan makanan aman untuk penderita diabetes. Dibandingkan bagian tubuh yang lain, dada ayam relatif rendah lemak dan kalori. Satu porsi ayam dengan berat 300 gram hanya mengandung 142 kalori dan 3 gram lemak. Yang penting, dada ayam ini tidak digoreng.

8. Susu bebas lemak dan yogurt
Selain ikan dan dada ayam, produk hewani lain yang aman untuk dikonsumsi adalah susu tanpa lemak dan yogurt. produk makanan ini kaya akan kalsium dan vitamin D yang membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan ketahanan insulin. Jangan lupa, susu yang dikonsumsi adalah susu tanpa lemak, bukan susu full cream.

9. Buah dan Sayuran
Sebagian besar buah dan sayuran sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah-buahan seperti pepaya, jeruk, buah berry, tomat memang rasanya manis dan nikmat. Tapi jangan khawatir, karena buah tersebut tidak banyak mengandung gula yang bisa membahayakan penderita diabetes. Buah-buahan banyak mengandung vitamin penting dan antioksidan yang diperlukan tubuh.

Sedangkan konsumsi sayuran juga sangat penting karena kandungan serat-nya mampu mengontrol dan mengikat karbohidrat dalam tubuh. Sayuran memang merupakan sumber serat, mineral dan vitamin. Beberapa sayuran yang dianjurkan bagi penderita diabetes antara lain paprika, kubis, bayam, brokoli, buncis, dan wortel. Hasil riset membuktikan bahwa sayuran berdaun hijau mampu menurunkan risiko diabetes tipe-2.
10. Cokelat hitam
Hati-hatilah dengan banyak klaim yang menyebutkan bahwa coklat baik untuk kesehatan. Tidak semua jenis coklat baik untuk kita konsumsi. Kebanyakan coklat yang kita beli di supermarket justru cokelat yang menandung banyak gula. Coklat terbaik untuk penderita diabetes adalah jenis cokelat hitam alias dark chocolate. Disebut cokelat hitam karena mengandung bubuk cokelat lebih banyak dari cokelat lainnya. Cokelat jenis ini kaya akan antioksidan flaconoid yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol yang baik, sekaligus mengurangi tekanan darah dalam tubuh kita.

11. Oat
Bagi sebagian orang, oatmeal memang rasanya tidak enak, seperti bubur yang lengket. Padahal oat termasuk makanan yang sangat menyehatkan. Makanan ini dapat membantu menjaga kadar kolsterol dan gula darah daam tubuh agar tetap normal. Selain kaya akan serat, oat juga mengandung banyak jenis mineral seperti magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1, yang berperan penting dalam memproduksi energi. Membiasakan diri sarapan dengan oatmeal merupakan pilihan yang baik untuk mereka yang sehat maupun menderita penyakit diabetes.

12. Minyak zaitun
Siapa yang tidak kenal dengan kehebatan minyak zaitun? jenis minyak ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan. Lemak tak jenuh ini berkhasiat mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu menjaga gula darah stabil dengan mengurangi resistensi insulin.

Related Posts:

4 Responses to "Makanan Yang Harus Di Hindari Bagi Penderita Diabetes"

  1. utk pasien diabet, makanan pokok selain roti gandum bisa diganti nasi merah dan nasi merah dan nasi hitam krn GI nya lebih rendah dibanding nasi putih....

    BalasHapus
  2. Roti gandum memang sangat baik untuk dikonsumsi, hanya saja hati-hati ketika membeli roti gandum, karena banyak juga roti gandum yang beredar dipasaran bukan benar2 gandum murni

    BalasHapus
  3. Diabetes kl dokter luar negri, contoh hongkong malah melarang mengkonsumsi kacang kacangan dan gandum

    BalasHapus
  4. Saya tidak percaya ternyata Susu full cream dan kentang dilarang buat diabetes.

    BalasHapus